Rabu, 14 April 2010

UWES AL- QARNY

,, Hai ‘Umar, hai ‘Ali, Jika kamu bertemu dengan Uwea Al-Qarny kelak, mintalah kepadanya, supaya memintakan ampunan buat kamu, sebab do’anya sangat mustajab “. Bagitulah pesan Rasulullah.

Nun. Di-tengah padang sahara, hidup seorang pengembala kambing, bajunya compang camping, itulah Uwes Al-Qarny. Kepadanya ‘Umar dan ‘Ali mengharap supaya memintakan ampunan kepada Tuhan. Tetapi Uwes menolak, katanya ;

"Selamanya aku tidak pernah memintakan ampunan buat seseorang, aku hanya memintakan buat kaum Muslimin seluruhnya"

‘Umar minta nasihat

,, Dalam berbakti kepada Allah, mintalah RahmatNya, hati-hatilah akan kemurkanNya sewaktu kau berbuat ma’siat kepadaNya. Dalam pada itu janganlah engkau berputus asa “
Setelah bercakap-cakap beberapa lamanya, Uwes pamitan, tetapi oleh ‘Ali ditahan, katanya ia masih seneng bercakap-cakap dengannya.

,, Sungguh aneh, kata Uwes, tidak kusangka bahwa orang yang telah mengenal Tuhannya, masih suka bercakap-cakap dengan orang lain .” Sambil pergi meninggalkan mereka.

Disamping ahli ibadah, Uwes juga adalah sebagai pahlawan yang gagah berani. Ia turut menumpas pemberontakan pemerintahan di Shifin yang hendak menggulingkan pemerintahan ‘Ali bin Abi thalib. Juga ia turut bertempur dalam melawan kerajaan Rumawi yang kemudian ia gugur sebagai syahid . Uwes tidak dikenal dalam masyarakat dibumi, tapi ia dikenal oleh semua penghuni dilangit.

Rahmat Mulyadi Taman Bima Permai Blok A 11 Cirebon Jabar

Tidak ada komentar: