Rabu, 14 April 2010

TASHAUF MENURUT TUNTUNAN AL- QUR’AN

Para ahli tashauf telah mencipta tariqatnya berdasarkan tuntunan ayat2 Qur’an, dalam menyederhanakan cara hidup mereka, untuk menuju kepada Tuhan, karena harapan dan cinta kepada Tuhan semata-mata.

Dalam banyak ayat2 Qur’an diterangkan; bahwa dunia sebagai barang pulasan belaka, hanya main2 dan suka-suka, bermegah-megah kekayaan dan anak istri, yang semua itu akan musnah.

Qur’an dalam garis besarnya, semua ayatnya membawa jiwa manusia kearah kerohanian, dengan titik terakhir alam akhirat, alam yang kekal dimana ada kebahagiaan abadi. Didalam Al-Qur’an diterangkan dengan jelas arti hidup yang sebenarnya dan mudah, diterangkan bahwa : ,, Aku tidak menjadikan jin dan manusia, hanya supaya mereka beribadah kepadaKu “ . jadi hidup itu adalah ibadah.

Diterangkan bahwa semua yang ada dialam wujud ini ; langit, bumi dan seisinya, manusia, malaikat, jin semua menyembah dan memuja kepada Yuhan.

Ahli tashauf yang pertama-tama dalam Islam, adalah mereka disebut“( AHLUSSUFAH ) , yaitu orang2 Muhajirin dan Anshar yang miskin, yang tidak punya apa2, hanya Iman, kepada Tuhanya dan Rasulnya. Tempat tinggal mereka di( Shuffah ), diserambi belakang mesjid. Ditempat inilah mereka beribadah, berpuasa, mengaji Qur’an dan bersemedi.

Azas2 dan dasar Ilmu Tashauf, diambil dari Qur’an ; Tuhan adalah Nur, Cahya dilangit dan diBumi . ( Dimana kamu berada, di situ Tuhan ada ). ( Sebutlah nama Tuhanmu. Sampai engkau mendapat keyakinan ).

Rahmat Mulyadi Taman Bima Permai Blok A 11 Cirebon Jabar

Tidak ada komentar: