Rabu, 14 April 2010

AL- MUHASIBI SEORANG TOKOH SUFI

Al–Muhasibi adalah seorang Sufi yang sangat terkenal, berasal dari Iraq bahkan Al – Imam Qusyairi berkata , “ dia seorang Sufi yang tiada bandingnya dalam hal otoritas keilmuan kesalehan, dan kekayaan intelektualnya, “

Siapa sebenarnya Al Muhasibi sehingga Imam Qusyairi begitu mengaguminya ?

Dia bernama lengkap ( Abu Abdillah Al Harits Ibnu As’ad Al Bashri. Dia berguru kepada banyak ulama, salah satu guru fiqihnya ialah Imam Syafi’ai.

Adapun gelarnya Al Muhasibi, dikarenakan dia selalu mawas diri terhadap ativitas batinnya.

Kekaromahannya yang dimiliki adalah tangannya akan mengejang bila diberi makan yang haram atau diragukan kehalalannya. Seorang tokoh sufi Junaidi Al Baghdadi yang juga keponakannya berkisah tentang pamannya ini.

“ Pada suatu hari Al – Muhasibi mengunjungiku, tampaknya dia sedang lapar. Maka akupun mengambil makanan sisa dari pesta perkawinan. Kusuguhkan makanan itu kepadanya, taoi aoa yang terjadi ?

ketika dia hendak mengambil makanan itu, tangannya tiba-tiba mengejang dan tidak dapat digerakan. Dia pun lalu pamit pulang.

Keesok harinya Al – Muhasibi menerangkan, “ Rupanya Allah memberi isyarat khusus kepadaku bahwa makanan yang diragukan kehalalannya tak bisa kutelan jari-jariku mengejang tak mau menyentuhnya.
Rahmat Mulyadi. Taman Bima Permai Blok A 11 Cirebon Jabar

Tidak ada komentar: