Rabu, 14 April 2010

PELAJARAN TASHAUF

Pelajaran tashauf dalam Islam terbagi dalam ;

1. pendidikan kerohanian dan pendidikan budi pekerti, yang menurut istilah Tashauf disebut Ilmulmu’amalah “ ( tatacara hidup bermasyarakat ).

2. Latihan kerohanian dengan jalan beribadah dan mencintai Tuhan yang memancarkan Nur dan untuk memperoleh Ilham. Bagian ini dinamakan .. Tarikat

Tarikat terbagi dalam 4 Fase :

1 Fase I .: Praktek lahir, masa beribadah dengan berpaling dari keduniawian dan kemewahan, memencilkan diri dengan jalan I”tikaf , Dzikir , Istighfar, Sembahyang, disamping menjalankan kewajiban-kewajiban fardu, sunnat dan tatawwu.

2 Fase II . : Masa praktek batin, dengan jalan keluhuran budi kesucian hati, kemurnian jiwa,melawan nafsu dan memperindah acklaq.

3 Fase III. : Masa latihan dan perjuangan, dengan perjuangan mana jiwa menjadi kuat, terlepas dari kotoran keduniawian, membubung tinggi menjadi suci murni Rabbani, sehingga terlukis pada jiwa itu arti yang menjadi hakekatnya alam ujud ini. Sedikit demi sedikit tersingkap kasfah, Tabir yang menyelubungi jiwa, sehingga sampai pada keridhoan dan nurani yang tinggi.

4 Fase IV. : Masa peleburan secara keseluruhan, dimana waktu bermunajat seluruh perasaan pancaindra menjadi lenyap sama sekali, dengan sampainya jiwa pada tingkat ini, dapatlah mengenal ( Hakekatulwujud ) dengan mendapat kasfah, mengetahui rahasia2 alam dari ketuhanan, yang akhirnya dapat merasakan Ni’mat dan bahagia dalam menghadap kehadirat Tuhan.
Pada masa terahir fase IV. Banyak menghadapi kesulitan2 yang berbahaya, kalau kurang2 kuat Imannya, banyak para Shufi yang kehilangan kesadarannya, menjadi sinting atau abnormal.

Rahmat Mulyadi Taman Bima Blok A 11 Cirebon Jabar

Tidak ada komentar: