Rabu, 14 April 2010

IBRAHIM AL- KHAUWASH

IBRAHIM AL-KHAUWASH

ABU ISHAQ Ibrahim Al-Khauwash dari Samarra adalah seorang sahabat Al-junaed. Dia termasyhur karen pengembaraannya yang lama di padang pasir. Dia meninggal dunia di Rayy pada tahun ( 291 H / 904 M ).

Sebagai seorang wali Allah dan salah satu tokoh sufi yang sangat terkenal, Ibrahim banyak di anugrahi keistimewaan atau karomah. Di antaranya, dikisahkan, pada suatu hari di padang pasir dia didatangi seekor singa yang bertubuh besar, setelah dekat brulah diketahui bahwa singa berjalan terpincang-pincang.

Binatang buas tersebut berebahkan dirinya di hadapan Ibrahim dan mengerang kesakitan. Setelah diamati ternyata kakinya bengkak dan bernanah Ibrahim mengambil sepotong kayu dan menoreh bengkak di kaki hewan itu sampai semua nanah didalamnya keluar. Kemudian dengan secarik kain, kaki singa itu dibalutnya.

Setelah itu si singa bangkit dan pergi meninggalkan ibrahim, si singa datang lagi bersama anak-anaknya yang masih kecil, sambil mengibas-ngibaskan ekornya, mereka mengelilingi Ibrahim kemudian menaruh sepotong roti.

Keajaiban lainnya, misalnya, pada suatu hari Ibrahim tersesat di padang pasir. Berhari-hari lamanya dia kehilangan arah. Tiba-tiba disuatu tempat terdengan suara kokok ayam, Ibrahim kegirangan dan berjalan kearah datangnya suara kokok ayam tersebut.

Tetapi yang dijumpainya adalah seseorang yang segera menyerang dan memukul tengkuknya. Pukulan itu sangat menyakitkan.

“ Ya Allah, beginikah perlakuan orang terhadap seseorang yang memasrahkan diri kepadaMu ? “ seru Ibrahim.

Maka terdengarlah sebuah seruan yang ditunjukan kepada Ibrahim, “ selama engkau percaya kepadaKu, “ selama itu pula engkau Mulia menurut pandanganKu. Tetapi karena engkau telah mempercayai kokok seekor ayam, maka terimalah olehmu pukulan itu sebagai hukuman.

Mendengar seruan itu Ibrahim merasa sangat malu. Dia lalu meneruskan perjalanan meskipun tubuhnya masih merasa askit akibat pukulan tadi. “

Rahmat Mulyadi Taman Bima Permai Blok A 11 Cirebon Jabar

Tidak ada komentar: